Rabu, 02 Desember 2009

BAB 9

Merencanakan strategi pemasarn
Kurangnya pemahan para pengusaha tentang penting nya pemasaran selama ini mengakibatkan kurang nya upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pemasarannya.
Pemasaran tidak hanya hanya mengenai penjualan, pemasaran iklan, atau memanjang produk di etalase saja, pemasarn merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepa, pada waktu yang tepat, dan lokasi yang tepat pula.
Pengenalan pasar
adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik, dan sifat sebuah pasar. Hasil pengenalan pasar dapat saja sanga sederhana, mungkin berupa permintaan barang atua jasa.
Hal yang penting dalam memasarkan barang atau jasa adlah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka butuhkan, bukan membuat barang atau jasa terlebih dahulu dan menunggu pembeli datang.
Dan mengembangkan pasar strategi ini dilakukan apabila sasaran yang lama sudah jenuh atau sudah habis sehingga perlu mencari sasaran pembeli baru dengan tetap menawarkan barang atau jasa yang lama.
ex : kita menjual barang atau jasa yang sama ke konsumen dengan lokasi geografi yang berbeda. Dulu mungkin hanya di jakarta saja, tetapi sekarang diperluas sampai ke ujung pandang, riau, aceh, atau bahkan melakukan ekspor barang ke luar negeri, dan seterus nya.
Melakukan Diversifikasi, strategi ini merupakan pengembangan produk baru yang masih berhubungan dengan produk lama untuk ditawarkan kepada pasar yang baru juga.
Melakukan diferensiasi, strategi ini berkonsen trasi pada penciptaan barang atau jasa bary dipandang sangat berbeda dengan yang lain.

DIANA SURYANTI
MNJ D3 .
33108010011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar